Sunday 18 July 2010

Memilih dan Menyimpan Bayam


Topik ini melanjutkan topik sebelumnya mengenai cara menyimpan dan memilih sayuran.

Ada beberapa jenis bayam yang dapat dikonsumsi. Ada yang berdaun merah (bayam merah), berdaun bulat, dan berdaun segitiga. Hanya saja selama ini rata-rata orang lebih senang untuk mengkonsumsi bayam berdaun merah.
Lantas bagaimana cara memilih bayam dengan kualitas yang baik?

Pertama bahwa kita pastikan bayam yang kita pilih tidak layu, berlendir, menguning, dsb. Hindari bayam yang rusak. Kedua, akan lebih baik apabila kita memilih bayam yang masih segar, masih muda, tangkainya pendek, agak lemas, dan belum berbunga. Kalau memilih bayam merah, carilah bayam dengan daun yang berwarna merah agak ketuaan. Untuk bayam berdaun hijau, pilihlah warna daun yang agak hijau tua.

Menyimpan bayam di kulkas
Simpanlah bayam didalam lemari es dan diwadahi oleh kantong plastik. Biasanya bayam mampu bertahan 2-3 hari.

Bagaimana membekukan bayam?
Bayam dapat dibekukan didalam freezer kulkas agar dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Caranya dapat dilakukan dengan membuang tangkai bayam terlebih dahulu dan mencuci daunnya dengan sedikit larutan garam. Setelah dicuci dengan air garam, bilas hingga bersih dan kukus selama 1-2 menit. Setelah dikukus, dinginkan dan tiriskan. Bungkuslah bayam yang telah ditiriskan kedalam kantong plastik dan tutuplah dengan rapat. Simpanlah didalam freezer untuk membekukan bayam.

No comments:

Post a Comment