Sunday 31 October 2010

Bagaimana Agar Euphorbia Bisa Berbunga?

Image from www.vianenplants.com
Euphorbia dapat jarang berbunga ketika debit air yang diterimanya berlebih dan cahaya matahari yang diterimanya kurang. Hal ini umumnya terjadi saat musim hujan. Untuk mengatasi hal ini, langkah-langkah berikut dapat dilakukan.

  • Letakkan tanaman dibawah peneduh (peneduh transparan lebih diutamakan) dan hindari debit air berlebih dari hujan atau penyiraman.
  • Tingkatkan pupuk P dan K, serta tingkatkan pula unsur Ca. (mis: Hydro complex 11-12-18, Kristalon 13-40-3). Bisa pula dengan menambahkan pupuk daun (Mis: Magnizal) untuk menyuplai Mg.
  • Gunakan (semprotkan) ZPT golongan sitokinin seperti Novelgro Alpha dan Naftaline (1-1.5 ml/l) dan Etephon 0.5-0.75 ml/l
  • Agar media tidak lembap, gunakan media yang porous.


Euphorbia yang Layu

Euphorbia bisa menjadi layu apabila terjadi kekurangan hara. Untuk memulihkannya, anda dapat menambahkan pupuk NPK dengan dosis berimbang (mis: 20-20-20) yang dilarutkan kedalam air (1 g/l). Atau gunakan pupuk slow release seperti Dekastar (5 g/tanaman). Selain itu, anda dapat pula mengganti media tanamnya dengan campuran media cocopeat, sekam bakar, pasir, dan sekam mentah (perbandingan 3:3:2:2)

No comments:

Post a Comment