Tuesday 2 November 2010

Media Tanam Anthurium

Saya sering dibuat bingung dengan jenis media tanam yang cocok untuk tanaman anthurium. Memang pada saat saya membeli bibit anthurium pertama kali, saya melihat bahwa bibit tersebut ditanam pada media pakis (hanya pakis). Tapi kemudian saya menyadari bahwa sekam bakar dan cocopeat pun bisa digunakan sebagai komposisi tambahan atau pengganti media pakis.

Sebetulnya, media dasar yang memang sering digunakan untuk semua jenis anthurium adalah campuran cacahan pakis dan sekam bakar. Perbedaannya adalah komposisi  masing-masing media yang relatif terhadap usia tanaman.
Pada saat tanaman masih dalam persemaian, kita bisa menggunakan campuran sekam bakar dan pakis dengan perbandingan 4:1. Seriring dengan pertumbuhan, saat tanaman berumur 1 - 7 bulan, kita dapat menggunakan komposisi sekam bakar dan pakis dengan perbandingan 1:1. Setelah tanaman berusia 7 bulan keatas, kita dapat menggunakan perbandingan sekam bakar dan pakis dengan perbandingan 1:4.

Media cocopeat dapat kita gunakan apabila kondisi lingkungan panas. Tambahkan sekitar 10-20% dari total jumlah campuran media tanam yang digunakan. Kalau anda pernah membeli cocopeat instan (bentuknya mirip balok), anda dapat menggunakannya sebagai media tanam anthurium. Untuk menggunakannya cukup dengan merendam cocopeat tersebut hingga mengembang dan hancur, dan setelahnya anda dapat langsung menggunakan media tersebut untuk anthurium anda.

No comments:

Post a Comment