Tuesday 26 October 2010

Membuat Kaktus Berbunga

Image from 1Adventure.com
Penasaran dengan masalah kaktus, dan beberapa kali tersandung dengan masalah pada tanaman ini, saya mencoba kembali menemukan artikel untuk lebih memahami tanaman ini. Sejauh pemahaman saya, memang tidak mudah untuk mengkondisikan kaktus atau tanaman sukulen untuk berbunga secara alami (apalagi di dataran rendah). Semoga artikel berikut membantu.


Bunga kaktus tidak keluar, atau tepatnya sulit muncul secara mudah. Agar kaktus dapat berbunga, kita perlu memberinya rangsangan-rangsangan tertentu.


  • Pertama, ciptakanlah kondisi lingkungan yang sesuai. Kaktus merupakan tanaman gurun dengan fluktuasi suhu siang dan malam yang amat berbeda. Kaktus benar-benar memerlukan suhu dingin saat malam hari, karenanya, letakkanlah di ruangan ber AC atau kamar mandi. Sementara pada siang hari, letakkanlah pada kondisi paparan cahaya matahari langsung.
  • Kedua, lakukanlah dormansi buatan dengan tidak menyiram kaktus pada musim hujan (sekitar 2 bulan, mis: Jan-Feb). Pada bulan selanjutnya, siramlah dengan pola normal kembali.
  • Ketiga, anda dapat menambahkan zat pengatur tumbuh GA3 (Gibberelin) yang dikombinasikan dengan pupuk yang memiliki kandungan P tinggi (mis: Hyponex atau Vitabloom).

No comments:

Post a Comment