Saturday 23 October 2010

Kaktus: Penyiraman dan Serangan Cendawan

Image from stevegarufi.com
Setelah berkutat sedikit banyak dengan tanaman kaktus dan sukulen (karena terlalu sering keliru dalam melakukan perawatan <^_^; ) akhirnya saya memiliki sedikit pengalaman yang mungkin bisa saya bagi ke anda semua.

Pelajaran pertama : Jangan menyiram kaktus setiap hari! (mentang-mentang anda telah belajar biologi dan tahu bahwa tanaman memerlukan air). Coba saja anda lakukan dan dalam beberapa hari kemudian, kaktus anda akan membusuk dan mati. Kaktus hanya memerlukan sedikit sekali air. Lakukan saja penyiraman paling cepat sekitar 4 hari sekali (kalau cuaca benar-benar kering). Selanjutnya bukan masalah apabila anda menyiramnya hingga seminggu sekali atau lebih dari seminggu sekali.

Pelajaran kedua : Apabila kita meletakkan kaktus pada tempat dengan kelembapan tinggi, kaktus juga akan mudah busuk. Inilah kasus yang telah membantai habis tanaman kaktus saya. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Sclerotium rolfsii Sacc. Gejalanya terlihat saat tanaman menjadi busuk dan berwarna cokelat tua. Biasanya, disekitarnya pun akan muncul bulu-bulu putih seperti miselium jamur.
Pengendaliannya dapat dilakukan dengan melakukan pemusnahan tanaman yang terserang. Sebagai pencegahan, berikan Benlate T 20 KIP dengan dosis 1-2 g/liter. Semprotkanlah pada media tanam tanpa mengenai tanamannya.

No comments:

Post a Comment